CRT Monitor

CRT atau kepanjangannya adalah Cathode Ray Tube ditemukan oleh Karl Ferdinand Braun, merupakan sebuah tabung penampilan yang banyak digunakan dalam layar komputer, monitor video, televisi dan oskiloskop. CRT Monitor dikembangkan dari hasil kerja Philo Farnsworth yang dipakai dalam seluruh pesawat televisi sampai akhir abad 20, dan merupakan dasar perkembangan dari layar plasma, LCD Monitor dan bentuk teknologi TV lainnya.
CRT MONITOR 17″


Versi paling awal CRT Monitor adalah sebuah dioda katoda-dingin, sebuah modifikasi dari tabung Crookes, dengan layar dilapisi fosfor, kadangkala dipanggil tabung Braun. Versi pertama yang menggunakan kathoda panas dikembangkan oleh J.B. Johnson (yang merupakan asal istilah noise Johnson) dan H.W. Weinhart dari Western Electric dan menjadi produk komersial pada tahun 1922.


Sinar katoda adalah aliran elektron kecepatan tinggi yang dipancarkan dari katoda yang dipanaskan dari sebuah tabung vakum.


Dalam tabung sinar katoda, elektron-elektron secara hati-hati diarahkan menjadi pancaran, dan pancaran ini di”defleksi” oleh medan magnetik untuk men”scan” permukaan di ujung pandan (anode), yang sebaris dengan bahan berfosfor (biasanya berdasar atas logam transisi atau rare earth. Ketika elektron menyentuh material pada layar ini, maka elektron akan menyebabkan timbulnya cahaya.


Secara teori, CRT Monitor dan LCD Monitor memiliki perbedaan di mana CRT Monitor menggunakan elektron yang ditembakkan ke layar sehingga mewarnai menjadi suatu gambar. LCD Monitor memiliki cahaya di belakang yang konstan di mana intensitas kecerahan menjadi berbeda karena adanya penutupan/penghalangan dari molekul untuk sinar yang melewati panel.


sekian dlu ya …
dalam pancaran sinar CRT Monitor menghasilkan radiasi yang berbahaya bagi mata anda untuk menjadi penyakit hipermetropi (minus), ini sangatb berbahaya tetapi ada filter yang CRT Monitor yang digunakan untuk mengurangi radiasi tersebut sehingga pancaran radiasinya pun berkurang. dengan harga yang cukup murah dibandingkan LCD monitor, Teknologi ini masih banyak di gunakan terutama negara kita ini (indonesia).
mudah – mudahan anda senang di site Belajar Hardware ini😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: