LCD Monitor

LCD Monitor (Liquid Crystall Display) adalah sebuah teknologi monitor yang menggunakan Neon dan kristal cair(Liquid) dalam penyelarasan display atau tampilan. negara – negara maju sudah menggunakan LCD Monitor ini karena memakan daya konsumsi listrik yang begitu rendah. kalah dengan CRT Monitor (Cathode Ray Tube) yang menggunakan tabung lampu yang memakan daya listrik yang bergitu tinggi terkadang membuat listrik dirumah anda mati. dengan semakin majunya teknlogi ini. 

Kini LCD Monitor mendominasi jenis tampilan untuk komputer desktop maupun notebook karena membutuhkan daya listrik yang rendah, bentuknya tipis, mengeluarkan sedikit panas dan beresoulusi tinggi. sampai – sampai resolusi pixel ini sudah mencapai 2 Mega Pixel atau 1600px X 1200px. wihh gede bgt ya resolusinya kalah dengan CRT Monitor sampai dengan 1024px X 768px. 

LCD (Liquid Crystall display) Monitor


Pada LCD berwarna semacam monitor terdapat banyak sekali titik cahaya (piksel) yang terdiri dari satu buah kristal cair sebagai sebuah titik cahaya. Walau disebut sebagai titik cahaya, namun kristal cair ini tidak memancarkan cahaya sendiri. Sumber cahaya di dalam sebuah perangkat LCD Monitor adalah lampu neon berwarna putih di bagian belakang susunan kristal cair tadi.

Titik cahaya yang jumlahnya puluhan ribu bahkan jutaan inilah yang membentuk tampilan citra. Kutub kristal cair yang dilewati arus listrik akan berubah karena pengaruh polarisasi medan magnetik yang timbul dan oleh karenanya akan hanya membiarkan beberapa warna diteruskan sedangkan warna lainnya tersaring.


kelebihan dari teknologi ini pada saat anda melakukan pekerjaan komputer yang cukup lama maka mata anda aman dari penyakit hipermetropi atau minus karena tidak ada radiasi dari cahaya liquid tersebut lain dengan CRT Monitor yang dapat membuat pandangan anda menjadi buram untuk melihat jarak jauh karena radiasi yang berlebih untuk mata anda dan akhirnya anda menggunakan kaca mata, hehehe…:D. tapi kelemahannya dari teknologi ini cukup mahal karena beda sekali dengan CRT Monitor yang murah meriah dalam harga Monitor, kalau saya sarankan sebaiknya anda membeli LCD Monitor dengan ringannya daya konsumsi listrik, dari pada membeli CRT Monitor yang memakan daya listrik yang besar dan pembayarannya perbulannya pun jauh lebih mahal di banding LCD Monitor.

Cukup sekian dari saya karena saya memberikan materi hanya lansung dari intinya saya dan dapat anda aplikasikan di rumah dan dikantor anda…
Note : Tak ada promosi merk ya disini😀 hehehe…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: