HARDISK

Hardisk ? What is the Hardisk? kali ini saya akan membahas paling dasar “Apa itu Hardisk ?” untuk kali ini saya tidak akan memberikan sejarah dan Melihat isi dalam Hardisk tersebut. dalam fungsinya sangat di butuhkan karena merupakan primary hardware yang jangan sampai terlupakan.setelah Motherboard, Power supply, RAM, VGA, dan Prosesor. Hardisk Hardisk atau juga sering disebut HDD merupakan Perangkat keras (Hardware) yang digunakan untuk menyimpan data sekunder dalam komputer
Hardisk dibagi 2 golongan

HARDISK INTERNAL
  • Hardsik PATA (Paralel Advance Technology Attachment) merupakan hardisk yang muncul pada tahun 1994. sebutan yang lain ATA/IDE dengan menggunakan UDMA 6 (133) atau Ultra DMA 133 adalah terobosan terakhir untuk interface yang sudah mulai menua ini, dengan panjang maksimal kabel 18 inci atau sekitar 46 cm. pada tahun 2005 yang lalu. Bersamaan dengan dikeluarkannya SATA I (SATA/150). Sampai tahap itu, PATA masih tidak dapat diremehkan. sayangnya teknologi pATA tidak cukup praktis karena membutuhkan kabel sebanyak 40 jalur (dalam gambar yang berwarna abu – abu). pemindahan jumper pada saat mengganti primary master atau secondary master, terutama pada saat install ulang komputer hardsik PATA harus dijadikan secondary master.
Kabel dan Hardsik PATA
  • Hardisk SATA (Serial Advance Technology Attachment). merupakan terobosan hardisk pada zaman ini tidak menyesal anda membeli hardisk tipe ini (dengan syarat harus beli baru). karena lumayan praktis dibanding dengan Hardsik SATA. kabel tidak rumit, tidak usah lagi pemindahan jumper karena sudah otomatis pada sistemnya, tinggal setting pada BIOS anda sendiri, Hardisk ini di takjubkan dengan kecepatannya yang super cepat. dengan perkembangan teknologi yang sangat pesat Hardsik ini sudah mencapai kecepatan 10000RPM . . . dan kapasitas sudah mencapai 2 Terrabyte… (subahanallah).

       
    Kabel dan Hardisk SATA
HARDISK EKSTERNAL

Hardisk inilah yang paling praktis yang penggunaan user-interfacenya yang menggunakan slot USB (Universal Serial Bus) dan menggunakan Slot eSATA tapi pada dasarnya sama dengan SATA hanya saja penempatan pirantinya yang diluar komputer sudah jelas beda dari PATA karena Hardisk Tersebut digolongkan dalam penyimpanan media Internal lain dengan yang ini tapi ada juga yang menggunakan Slot eSATA (teknologi ini sudah muncul pada komputer zaman sekarang. kelemahan dari Hardisk External adalah Harga yang tidak Ekonomis/Miring.
 
Hardisk Eksternal

Sekian Dulu Materi Hardisk yang saya berikan untuk Materi yang lebih lengkap anda bisa mendownload e-book yang saya sediakan

Download Disini

    Tinggalkan Balasan

    Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

    Logo WordPress.com

    You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

    Gambar Twitter

    You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

    Foto Facebook

    You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

    Foto Google+

    You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

    Connecting to %s


    %d blogger menyukai ini: